APLIKASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP TINGKAT KOGNITIF MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANATOMI DAN FISIOLOGI PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN STIKES BANYUWANGI

  • Yulifah Salistia Budi STIKES Banyuwangi
Keywords: metode pembelajaran, kooperatif, stad student team achievement divisions

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan pendidik dalam peningkatan kualitas pembelajaran yaitu dalam penyusunan berbagai macam skenario kegiatan pembelajaran maupun metode pembelajaran di kelas. Penerapan metode pembelajaran tipe STAD dilakukan untuk mengetahui tingkat kognitif peserta didik dalam memahami konsep suatu mata ajar. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa kebidanan tingkat satu tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 40 mahasiswa. Menggunakan one grup pre post tes design dengan uji statistik Wilcoxon untuk mengetahui perubahan tingkat kognitif mahasiswa setelah dilakukan aplikasi metode pembelajaran STAD.

Dari implementasi metode tersebut di peroleh hasil bahwa hasil pre dan post test yang berikan kepada peserta didik di dapatkan peningkatan nilai sebanyak 36 mahasiswa, mengalami penurunan 1 mahasiswa dan tetap 3 mahasiswa. Dengan menggunakan uji statistik didapatkan hasil yaitu terdapat perbedaan yang bermakna antara nilai pre dengan post test setelah dilakukan metode pembelajaran STAD.

Dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik terhadap materi yang disampaikan oleh pendidik sehingga terjadi interaksi di antara peserta didik untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi maksimal.

 

Keyword :  metode pembelajaran, kooperatif, stad student team achievement divisions

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-08
How to Cite
Yulifah Salistia Budi. (2021). APLIKASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP TINGKAT KOGNITIF MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANATOMI DAN FISIOLOGI PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN STIKES BANYUWANGI. PROFESSIONAL HEALTH JOURNAL, 2(1), 110-114. Retrieved from https://www.ojsstikesbanyuwangi.com/index.php/PHJ/article/view/138
Section
Articles