HUBUNGAN POLA TIDUR DENGAN NILAI HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 5 ALASBULUH KECAMATAN WONGSOREJO KABUPATEN BANYUWANGI

  • Soekardjo stikes banyuwangi
  • Essy Sonontiko Sayekti stikes banyuwangi
  • Muhamad Rizki stikes banyuwangi
Keywords: Pola Tidur, Hasil Belajar

Abstract

Pola tidur yang baik dan teratur memberikan efek yang bagus terhadap kesehatan. Masalah tidur tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja namun kini pada anak usia sekolah juga masalah tidur atau pola tidur banyak mereka alami, sehingga siswa mengalami hambatan dalam proses belajar akibat rasa mengantuk dan lelah akibat kurang tidur, sehingga menurunnya konsentrasi ketika belajar. Tujuan penelitian diketahuinya pengaruh pola tidur dengan nilai hasil belajar siswa SD Negeri 5 Alasbuluh Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi.

Desain penelitian yang digunakan adalah survay analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas IV-VI di SD Negeri 5 Alasbuluh Wongsorejo dan besar sampelnya 57 responden, dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling dengan menggunakan lembar kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dilakukan coding, scoring, tabulating, dan dianalisa uji chi square dengan taraf 5%.

Hasil penelitian didapatkan lebih dari 50% pola tidur siswa kategori ada gangguan sebanyak 29 responden (50,9%) dan hampir setengahnya nilai hasil belajar siswa kategori Baik sebanyak 21 responden (36,8%). Setelah dilakukan perhitungan dengan uji chi square diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-sided) = 0,025. Karena r < 0,05 maka Ha  diterima dan Ho ditolak, artinya ada hubungan pola tidur dengan nilai hasil belajar siswa SD Negeri 5 Alasbuluh Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi.

Melihat hasil penelitian ini siswa lebih termotivasi dalam belajar dan tidur tepat pada waktunya sehingga saat di sekolah anak lebih terkonsentrasi dan fokus.

Author Biographies

Soekardjo, stikes banyuwangi

Dosen D3 Keperawatan Stikes Banyuwangi

Essy Sonontiko Sayekti, stikes banyuwangi

Dosen S1 Keperawatan Stikes Banyuwangi

Muhamad Rizki, stikes banyuwangi

Mahasiswa S1 Keperawatan Stikes Banyuwangi

Published
2018-12-31
Section
Articles
Source