ANALISIS KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL TRIMESTER III TERHADAP TAKSIRAN BERAT JANIN

  • Diana Kusumawati stikes banyuwangi
  • Wahyu Fuji Hariani stikes banyuwangi
Keywords: Hemoglobin, Taksiran Berat Janin

Abstract

Anemia pada kehamilan adalah suatu kondisi dimana ibu hamil memiliki kadar Hb < 11g% pada trimester I dan III atau Hb < 10,5g% pada trimester II. Ibu hamil dengan anemia akan berdampak buruk, seperti terjadinya  partus prematur,bayi dengan BBLR bahkan sampai berdampak pada kematian perinatal serta dapat menghambat tumbuh kembang janin. Tujuan dalam  penelitian ini ingin mengetahui pengaruh kadar hemoglobin  ibu hamil trimester III terhadap taksiran berat janin di PKM Singotrunan Kabupaten Banyuwangi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Cross sectional. Sampel penelitian adalah 50 ibu hamil Trimester III. Tehnik sampling adalah simple random sampling. Analisa data menggunakan uji Rank Spearman  dengan program SPSS 23,0 for windows dengan tingkat kepercayaan 95% dan dengan tingkat kesalahan 5%.

Hampir setengahnya  23 responden (46%) tidak mengalami anemia. Hampir seluruhnya  35 responden (70%) taksiran berat janinnya normal. Hasil uji didapatkan sig.(2-tailed) > α, dimana 0,127 > 0,05 maka tidak ada pengaruh Kadar haemoglobin dengan Taksiran berat janin pada ibu hamil Trimester III di Wilayah Kerja PKM Singotrunan Banyuwangi tahun 2017.

Sebaiknya petugas kesehatan lebih meningkatkan cakupan pemberian Fe dan pelayanan  ANC khususnya pemeriksaan Hb pada  ibu hamil Trimester III. Dan bagi responden meningkatkan asupan  zat besi baik itu dengan tablet Fe atau konsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Author Biographies

Diana Kusumawati, stikes banyuwangi

Dosen S1 Keperawatan Stikes Banyuwangi

Wahyu Fuji Hariani, stikes banyuwangi

Dosen D3 Kebidanan Stikes Banyuwangi

Published
2017-12-31
Section
Articles
Source